Senin, 09 Januari 2012

Merawat & Menangani Super KIPS Macet (BAG.1)


Banyak keluhan mengenai macetnya "senjata" Ninja 150 ini. Jd aq pikir perlu dibahas langkah penanganannya secara detail, apalagi banyak ninjer yg msh newbie (bahkan ga bs bedain antara 2 tak & 4 tak... hahahaha... piss bro...).
Sebetulnya cara penanganannya sudah banyak di bahas di banyak trit. Di NC pun sebetulnya sudah ada Note yg membahas ini (baca Note: Solusi Super KIPS Macet...). Artikel kali ini hanya sedikit melengkapi dan menambahkan, terutama dg foto2 step by step, supaya bahkan newbie pun bisa melakukannya. Ini bukan b'maksud menggurui ya... kita saling berbagi pengalaman aja... kalo artikel ini msh ada kekurangan, mohon koreksinya...

Macetnya SKIPS bs terjadi di 2 hal:
1. Macet di RPM bawah. Dg kata lain katup SKIPS ga mau kebuka. Klo udh gini ninin ga bakal mau lari... larinya ketahan di RPM sktr 7.000.
2. Macet di RPM atas. Klo yg ini kejadian klo abis ngebut, katup SKIPS ga mau nutup lagi. Efeknya kebalikan yg diatas. Di RPM bawah ninin akan loyo... udh gitu suara knalpot jadi aneh... gede banget...
Tp yg jelas, mau macet di RPM atas kek atau bawah kek, pokoknya klo macet ya nyebelin...

Sblm aq ngebahas ttg bgmn cara perawatan dan penanganan SKIPS macet, ada bbrp tips yg bs dilakukan sblm kita bongkar SKIPSnya (inipun juga sudah sering dibahas sebetulnya, tp gpp cuma sekedar pengingat aja):
1. Pake oli samping minimal JASO FC & semi sintetik. (Ini udh dibahas di bbrp Note NC sblmnya... silakan digebet ulang)
2. Sering geber sampe RPM >7.000, baik saat manasin maupun saat udh jln.
Kalo aq sendiri sih ga prnh geber2 gas pas manasin mesin. Bukan apa2. Takut ditimpuk tetangga... Aq manasin mesin 2-3 menit aja tanpa digeber2, abis itu jalan pelan2 keluar komplek (ini juga blm ngebut... takut diketapel ama Pak RT). Begitu msk jln raya, baru aq geber2 dikit ampe >RPM 7.000, abis itu siap deh buat ngebut (ama polisi juga ga takut... hahaha). Buat ninjer yg takut ngebut, bisa aja pasang persneling rendah, trus panteng RPMnya sampe 7.000-9.000 sbntr, yg penting katup SKIPS udh bekerja (tp aneh juga ya, beli ninja koq takut ngebut... hehehe).

Tapi itu hanya langkah preventif awal. Ada langkah preventif berikutnya, yaitu perawatan. Aq bagi jd 2: ringan dan berat. Tp jgn kuatir, walaupun berat tp newbie sekalipun msh bs nglakuin dg aman koq. Artikelnya pun aq bagi jadi 2 bagian: Bagian I (Utk penjelasan awal & langkah perawatan ringan) dan Bagian II (Langkah perawatan lanjutan).
Siapin peralatannya. Utk perawatan ringan minimal hrs ada: obeng plus, kunci ring 10, carb cleaner (cairan pembersih karburator, merk tserah, klo aq pake STP), chain lube (pelumas rantai atau pelumas semprot lainnya, merk tserah, klo aq pake MTR).
Untuk perawatan berat, peralatannya harus ditambah dg: kunci L 5, kunci ring 8, high temp grease (gemuk pelumas, merk tserah, klo aq pake Top1) & Coca Cola sekaleng (buat jaga2 kalo haus...).
Bagian I (perawatan ringan):
1. Buka fairing kanan kiri (buat RR) pake obeng plus. Fotonya udh ada di Note NC "Cara Stel Oli Samping".
2. Buka karet penutup SKIPS (warna hitam, di kanan atas mesin) - Gbr 1
3. Pake kunci ring 10 di skrup batang pemutar katup SKIPS. Mainin ke kanan & ke kiri sambil semprotin carb cleaner ke bagian dalam rumah SKIPS (ke arah gigi2 mekanis) - Gbr 2 & Gbr 3.
4. Klo pas deket situ ada tukang tambal ban, boleh juga tuh abis disemprot carb cleaner trus minta semprot angin ke rumah SKIPSnya buat ngusir kerak/debu/pasir.
5. Tunggu sbntr ampe carb cleanernya kering. Abis itu semprot gigi2 mekanis SKIPS pake chain lube biar licin (spt di Gbr 3).
6. Pasang lg karet penutup SKIPS & fairingnya.

Langkah ini mrpk langkah paling simpel, tp lumayan efektif utk mencegah SKIPS macet yg disebabkan krn penumpukan kerak/debu/pasir yg menyelinap ke gigi2 mekanisme SKIPS di rumah SKIPS. Bisa dilakukan seminggu atau 2 minggu sekali atau sesuai kebutuhan. Kerak/debu/pasir yg menempel itu bisa mengganjal gigi2 penggerak katup SKIPS yg menyebabkan gigi2 tsb ogah bergerak. Ini bisa dirontokkan pake carb cleaner. Kalo ga ada carb cleaner, WD40 boleh juga... tp jgn pake semprotan Baygon ya... emang mo ngusir nyamuk...

Langkah ini yg biasa dilakukan oleh mekanik bengkel resmi kalo pas service (itu juga klo dia ga lupa). Langkah ini juga mrpk langkah darurat klo pas lg di jalan & tiba2 SKIPS ngambek...

Klo pake langkah ini SKIPS msh macet juga, pake langkah perawatan lanjutan yg akan kita bahas di Bagian II, dimana kita akan bongkar mekanisme SKIPS (gigi2 dan valve).

1 komentar: